Home » » Menikmati Bunga Raflesia di Bukit Tinggi

Menikmati Bunga Raflesia di Bukit Tinggi

Posted by Inti Cerita on Friday, June 28, 2019



IntiCerita - Apabila anda sedang berada di Kota Bukit Tinggi, maka yang harus dikunjungi saat berkunjung di bukit tinggi adalah berkunjung ke taman wisata ini yaitu Taman Batang Palupuh. Taman Batang Palupuh berada di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Taman ini hanya berada sekitar 10 KM dari Kota Bukit Tinggi, maka sangatlah disayangkan apabila anda sudah tiba di Kota Bukit Tinggi dan tidak singgah ke Taman Batang Palupuh.

Anda dapat melihat Tumbuhan yang sudah sangat langka di Taman Batang Palupuh yaitu Bunga Raflesia, dan tidak hanya satu saja melainkan terdapat berbagai aneka bunga raflesia dikarenakan Taman Batang Palupuh sudah merupakan Kawasan Konservasi yang focus membudidayakan Bunga Raflesia dengan taman seluas 3,4 Hektar

Bagi yang belum mengetahui apa sih Bunga Raflesia, maka sebenarnya Bunga Raflesia merupakan salah satu tumbuhan yang sangat unik karena tidak memiiki batang, daun maupun akar sehingga disebut parasit sempurna, Apabila Bunga Raflesia sedang mekar maka beratnya bisa mencapai 11 Kilogram besar sekitar 1 Meter. Bentuk Bunga ini juga terhitung unik karena memiliki 5 (lima) daun mahkota yang mengelilingi bagian tenga yang berlubang seperti Lubang Tong. Pada bagian bawah bunga, akan terlihat piringan berduri yang berisi putik (tergantung pada jenis kelamin bunga tersebut). Bunga Raflesia juga mengeluarkan bau busuk untuk menarik hewan penyerbuk yaitu Lalat. namun dengan keunikannya itu, Bunga ini hanya berumur selama 5 s/d 7 hari dan selelah itu bunga tersebut akan layu dan mati. 


Raflesia Arnoldi merupakan salah satu raflesia yang paling dicari di Taman Batang Palupuh

TIPS : 

  • Sebaiknya anda menggunakan Jasa Guide / Pemandu untuk menyelusuri jalan untuk menikmati Bunga Raflesia sepanjang 1-2 kilometer, Selain anda dapat mengetahui lokasi pasti Bunga Raflesia, anda juga akan mendapatkan ilmu mengenai Bunga Raflesia dikarenakan Guide / Pemandu akan menjelaskan semua kepada Anda (silahkan bertanya apapun kepada Guide / Pemandu, karena mereka pasti akan menjawabnya dan anda akan puas dengan jawaban tersebut, ingat. malu bertanya malah gk tau apa apa :D)
  • Sebaiknya datang disaat musim hujan yaitu di antara bulan Juni s/d Desember setiap tahunnya karena Bunga Raksasa Raflesia Arnoldi bermekaran di musim itu


Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.