Home » » 8 Hal yang harus di perhatikan sebelum mendaki gunung

8 Hal yang harus di perhatikan sebelum mendaki gunung

Posted by Inti Cerita on Tuesday, July 23, 2019

Di saat sekarang ini, mendaki gunung sudah menjadi salah satu kegiatan dalam mengisi waktu liburan baik libur panjang maupun libur di hari sabtu dan minggu. namun ada 8 hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum mendaki gunung


8 hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki gunung

  1. Mengenal kondisi Fisik Tubuh sendiri

sebelum mendaki gunung, pastikan anda harus mengenal terlebih dahulu kondisi fisik sendiri, apabila anda yang jarang olah raga, maka sebaiknya anda melakukan olahraga kecil terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian seperti jalan, jogging kecil, maupun naik turun tangga, hal tersebut dapat anda lakukan untuk meningkatkan stamina anda ketika mendaki gunung.

ketika anda sudah mengenal kondisi fisik anda, maka anda bisa mengatur pendakian anda, karena mendaki gunung itu bukan untuk menyiksa diri tetapi untuk mencintai alam.

Apabila anda tidak sanggup untuk mencapai puncak gunung, maka beristirahatlah, dan kalau memang kondisi fisik memang sudah tidak mampu melanjutkan perjalanan, maka sebaiknya turunlah karena Nyawa lebih penting dibandingkan puncak gunung, disaat kondisi anda sudah Fit kembali, maka anda bisa melakukan pendakian lagi karena puncak gunung tidak akan lari kemana pun karena dia akan berdiri kokoh di atas.
Tujuan mendaki Gunung adalah agar turun Gunung dan Kembali ke Keluarga dengan selamat. 

NB: Untuk wanita, sebaiknya anda menghitung dan memastikan anda tidak sedang dalam kondisi "haid" atau "datang bulan" saat mendaki gunung karena kondisi tersebut dapat membuat anda cepat capek dan mencegah terjadi hal hal tidak diinginkan.

2. Gunung Bukan Tempat Sampah

Ingat, Gunung bukan merupakan tempat pengumpulan sampah, maka sebaiknya anda membawa sampah anda kembali ke tempat sampah yang sudah disediakan yaitu di daerah kota agar bisa di kelola dengan baik.

3. Jangan mengambil apapun

hal ini juga sangat penting bahwa gunung bukan merupakan tempat anda untuk mengambil cinderamata untuk teman atau keluarga anda seperti Bunga Eldeweiss, Kantong Semar, dll serta Batu batu Unik yang berada di gunung. Biarkanlah apa yang memang berada di gunung / Hutan tetap berada di Gunung / Hutan

Jangan Mengambil apapun kecuali Gambar 
Jangan Tinggalkan Sesuatu Kecuali Jejak
Jangan Bunuh Sesuatu Kecuali Waktu 

4. Mencari Informasi mengenai Gunung yang akan di daki

Jangan Lupa mencari informasi terlebuh dahulu mengenai gunung yang akan di daki, soalnya tidak mungkin anda mendaki gunung yang sedang dalam keadaan Siaga apalagi Awas, karena itu bukan mendaki gunung namanya tetapi mencari masalah.

dan ada juga gunung yang mempunyai batas waktu untuk pendakian, misalnya batas waktu pendaki berada di puncak, selebihnya pendaki diwajibkan sudah turun. (seperti di Film Everest, akibat melewati batas waktu tersebut, membuat beberapa orang beristirahat selamanya di gunung)

5. Informasi mengenai Cuaca

hal ini kadang kadang dianggap remeh oleh pendaki khususnya pendaki Indonesia, padahal Cuaca itu termasuk salah satu faktor pendaki bisa selamat atau tidak.
contohnya : apakah cuaca gunung yang akan didaki tersebut sedang dalam kondisi Hujan ataukah sedang Badai Angin, dan lain lain sebagainya.

anda bisa mengetahui kondisi Cuaca di Gunung tersebut melalui Warga sekitar ataupun Pos Penjagaan yang biasanya berada di kaki gunung. apalagi disaat ini sudah jaman teknologi sehingga anda bisa menggunakan media Sosial untuk menanyakan kondisi Gunung yang ingin anda daki

6. Pastikan mendaki bersama teman (jangan mendaki sendirian)


Nah, Alangkah baiknya kalau kita mendaki bersama teman, walaupun cuma 1 teman tapi hal tersebut bukan karena Anda tidak boleh mendaki sendirian. mendaki sendirian sih boleh boleh saja, namun apabila terjadi hal tidak diinginkan seperti anda mengalami sakit, jatuh, atau kecelakaan lainnya, maka siapa yang anda akan panggil untuk menolong anda apabila anda mendaki gunung sendirian?

Oleh karena itu, dengan adanya teman, maka keamanan pun lebih terjamin serta tentu saja ada teman dalam berkomunikasi dan berinteraksi (barang bawaan juga akan semakin ringan karena barang bawaan bisa di sharing bersama teman pendaki anda)

7. Perlengkapan

Nah, mengenai perlengkapan tentu saja wajib diperhatikan sebelum mendaki gunung. namun ulasan mengenai perlengkapan yang harus di bawa dapat dibaca di sini


8. Berdoa

Apapun yang akan kita lakukan, tentu saja sebelum melakukan hal tersebut alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu menurut Agama kita masing masing agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, serta menjauhi musibah musibah yang akan menimpa diri kita dan kembali ke keluarga dengan selamat. 

mungkin banyak yang anggap sepele dan merasa tidak ada gunanya berdoa sebelum melakukan kegiatan (dalam hal ini mendaki gunung), tapi percaya atau tidak, berdoa dapat membantu kita menjalani perjalanan mendaki gunung dengan aman sentosa :)

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.