Home » » KEREN!! Indonesia Jadi Destinasi Terfavorit Ketiga di Negara China

KEREN!! Indonesia Jadi Destinasi Terfavorit Ketiga di Negara China

Posted by Inti Cerita on Friday, July 12, 2019



Jakarta – Indonesia menjadi negara dengan destinasi terfavorit ketiga bagi wisatawan China tahun 2018. Posisi Indonesia berada di bawah Thailand dan Jepang, yang menjadi tujuan pelesiran paling disukai warga Tiongkok.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan, dalam pandangan wisatawan kelas atas China, objek wisata di Indonesia dinilai lebih menarik. Bahkan jika dibandingkan atraksi-atraksi yang terdapat di Maladewa, Amerika Serikat, Australia, Prancis, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Italia.

“Selera wisatawan memang berbeda. Tetapi bagi turis China, Indonesia cukup dipandang sebagai negara yang memiliki beragam atraksi menarik. Kita bisa manfaatkan peluang ini dengan mengenalkan destinasi-destinasi lain. Artinya, kita tidak boleh puas hanya dengan Bali,” ujarnya, Sabtu (12/7).

Mengutip data Ctrip, kalangan wisatawan kelas atas China bisa menghabiskan uang rata-rata 23.800 RMB (Rp48,7 juta) per orang. Angka ini jauh lebih besar daripada wisatawan yang membeli paket standar dan hanya menghabiskan 5.500 RMB (Rp11,2 juta) per orang.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional I Vinsensius Jemadu menambahkan, wisatawan kelas atas China berasal dari beberapa kota. Antara lain Shanghai, Beijing, Guangzhou, Shenzhen, Hangzhou, Chengdu, Hong Kong, Nanjing, Xi'an, dan Tianjin. Di antara kota-kota itu, Beijing, Shanghai, dan Guangzhou mengalami pertumbuhan tiga digit sepanjang tahun 2018.

Masih dari data Ctrip, wisatawan kelas atas China masih didominasi kaum perempuan dengan pangsa 56%. Kemudian dari segi usia, wisatawan kelas atas didominasi kelompok umur 31-40 tahun yang mencapai 24%. Sekitar 31% wisatawan kelas atas di China berlibur bersama pasangannya dan hanya 5% yang berangkat sendirian.

“Mayoritas wisatawan China masih memilih Bali sebagai tujuan favorit untuk berlibur di Indonesia. Secara keseluruhan, wisatawan China yang mengunjungi Tanah Air berjumlah sekitar 2,6 juta. Karenanya, tahun ini Kemenpar menargetkan 3,5 juta kunjungan wisatawan China,” jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, hampir semua negara mengejar pasar China. Bukan hanya sektor pariwisata, tapi juga industri lainnya. Karena itu, tak salah jika Kemenpar menargetkan kunjungan wisman China mencapai 3,5 juta sepanjang 2019.

“China merupakan pasar potensial pariwisata Indonesia. Dari tahun ke tahun, wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia selalu membludak. Terlebih selama Februari, karena ada perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Bulan itu bahkan menjadi ‘peak season’ bagi wisman negeri Tirai Bambu tersebut,” ungkapnya. (*)

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.