Home » » Ratusan Seniman akan Tampil di Borobudur International Art and Performance Festival

Ratusan Seniman akan Tampil di Borobudur International Art and Performance Festival

Posted by Inti Cerita on Friday, July 5, 2019



Magelang - Borobudur International Art and Performance Festival segera digelar. Kegiatan akan dilangsungkan di Taman Lumbini, komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Rencananya, event ini dihelat sekitar tiga hari, 5-7 Juli mendatang. Ratusan seniman bakal hadir.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, tadinya Borobudur International Art and Performance Festival diinginkan mendongkrak perkembangan ekonomi di sektor pariwisata.

“Secara teknis, pekerjaan ini selenggarakan oleh Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Bentuk kegiatannya yakni seni peragaan dan pameran. Bagi itu, ratusan seniman dari sekian banyak  daerah dijadwalkan muncul mengisi acara supaya kegiatan semakin meriah,” ujarnya, Rabu (3/7).

Kepala Disporapar Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi menambahkan, pekerjaan ini bertujuan membranding Candi Borobudur sebagai magnet utama wisata Joglosemar. Di samping itu, guna mempererat persahabatan antar bangsa melewati pariwisata dan budaya. Kemudian mengkolaborasikan peragaan seni kebiasaan lokal dengan seni kebiasaan internasional.

“Juga guna menumbuhkan partisipasi masyarakat lokal dalam pengembangan pariwisata dan budaya. Termasuk menambah pertumbuhan ekonomi masyarakat,” bebernya.

Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa) Kemenpar Wawan Gunawan menjelaskan, Borobudur International Art and Performance Festival akan dihadiri kalangan seniman, budayawan, komunitas kreatif, dan penggiat seni. Ada pun wisatawan dalam negeri dan mancanegara, serta sekian banyak  profesi lain.

“Adapun pesertanya mencakup grup seni dari Provinsi Jawa Tengah dan daerah-daerah beda di Indonesia. Bahkan terdapat yang dari mancanegara. Artinya, event ini akan meriah dan sayang sekali andai dilewatkan,” tegasnya.

Sementara Adep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung menuturkan, event ini sendiri memakai kriteria 5C. Yaitu Creative Value, Commercial Value, Communication Value, Commitment CEO, dan Consistency. Penyelenggaraan dilaksanakan seara profesional, serta melibatkan koreografer, arranger, dan desainer tingkat nasional.

“Event dikemas sedemikian rupa sampai-sampai camera genic. Bagi itu, bakal ditempatkan fotografer di posisi sangat strategis. Panitia pun menyediakan panggung yang besar sebab ini memang event akbar,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, Candi Borobudur dinobatkan sebagai di antara World Heritage Site oleh UNESCO. Candi ini pun adalahsalah satu tujuan priotritas yang diangkat oleh Kemenpar.

“Untuk mencapainya, Borobudur dapat diakses melewati Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dan dilanjutkan perjalanan darat ke Borobudur selama 1 ½ jam. Terkait amenitas, tersedia tidak sedikit akomodasi di dekat lokasi acara berupa hotel dan lainnya,” kata mantan Dirut Telkom ini.

Berdasarkan data yang ada, hingga bulan Maret 2019, wisatawan nusantara yang berangjangsana ke Candi Borobudur sejumlah 116.567 orang. Sementara wisatawan mancanegara yang muncul sudah sejumlah 442 orang.**

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.