Home » » 10 Lokasi Hajat Laut Pangandaran 2019 serta 4 Kegiatan Keren Lainnya

10 Lokasi Hajat Laut Pangandaran 2019 serta 4 Kegiatan Keren Lainnya

Posted by Inti Cerita on Thursday, August 22, 2019


Pangandaran – Hajat Laut Pangandaran 2019 segera digelar. Kegiatan berlangsung selama dua hari, tanggal 31 Agustus – 1 September mendatang. Tahun ini, rangkaian acara dipusatkan di Lapangan Katapang Doyong.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata mengatakan, Hajat Laut Pangandaran 2019 bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisata. Selain itu, juga untuk pelestarian tradisi budaya, dan implementasi pemajuan kebudayaan di daerah setempat.

“Prosesi Hajat Laut telah dilaksanakan masyarakat pesisir Kabupaten Pangandaran sejak puluhan tahun lalu. Hingga sekarang, prosesi budaya tersebut dilakukan dengan sangat meriah. Biasanya, sebagian besar nelayan maupun masyarakat umum mengikuti prosesi tersebut,” ujarnya, Rabu (21/8).

Dalam rangkaian ini, masing-masing kecamatan yang ada di Pangandaran juga turut menggelar hajat. Serupa di Bagolo (Kecamatan Kalipucang), Pantai Barat Pangandaran (Kecamatan Pangandaran), Pantai Nusawiru dan Pantai Batukaras (Kecamatan Cijulang), Pantai Bojongsalawe (Kecamatan Parigi), serta Pantai Madasari dan Muaragatah (Kecamatan Cimerak).

“Untuk kesemua kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran, dikoordinasikan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran, Undang Sohbarudin menambahkan, beragam kegiatan disiapkan panitia. Antara lain Pagelaran Wayang Golek, Konser Musik Religi, Karnaval Seni Budaya, dan Pagelaran Seni Daerah.

“Dengan kegiatan ini, kita berharap tradisi budaya warisan nenek moyang dapat terjaga kelestariannya. Melalui Hajat Laut, kita juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai tradisi budaya. Terutama dalam upaya menangkal budaya asing,” jelasnya.

Mengikuti Hajat Laut Pangandaran, nantinya masih akan digelar Pesta Rakyat Hajat Laut yang dilaksanakan di 10 lokasi. Yaitu di Pantai Timur Pangandaran (31/8 - 1/9), Pantai Barat Pangandaran (6/9), Pantai Karapyak (15/9), Pantai Majingklak (21/9), dan Pantai Nusawiru Cijulang (4/9). Kemudian di Pantai Batukaras (29/9), Pantai Bojongsalawe (10/9), Pantai Madasari (17/9), Muaragatah (25/9), dan Green Canyon (23/9).

“Untuk Pesta Rakyat Hajat Laut, nantinya akan diisi dengan kegiatan Pangandaran Bebas Sampah, Parade Senam Zumba, Lomba Membuat Patung Pasir, dan Konser Musik Religi. Selanjutna ada Karnaval Seni Budaya dan Kirab Dongdang, Prosesi Karasmen Adat dan Persembahan, dan lain-lain,” tutur Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Hajat Laut Pangandaran adalah event tradisi yang merujuk pada kearifan lokal. Ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan atas rezeki dan kekayaan laut yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT.

“Hajat Laut Pangandaran dikemas menarik dengan menghadirkan beberapa pertunjukan, sehingga event ini menjadi lebih hidup dan menghibur. Konsepnya seperti pesta rakyat pada umumnya, sehingga berpotensi mendatangkan wisatawan,” terangnya

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.