Home » » Poltekpar Medan memberi pelatihan Homestay kegiatan Perhelatan Sail Nias 2019

Poltekpar Medan memberi pelatihan Homestay kegiatan Perhelatan Sail Nias 2019

Posted by Inti Cerita on Monday, September 9, 2019


MEDAN, 9 SEPTEMBER 2019  – Poltekpar Medan turut mendukung kegiatan Perhelatan Sail Nias 2019 yang dipastikan akan berjalan luar biasa melalui pemberian pelatihan dalam bidang homestay. Poltekpar medan turut bergerak dengan semangat Indonesia Incorporated bersama dengan instansi lain yang mendukung acara ini. Puncak acara Sail Nias 2019 akan dilakukan di Teluk Dalam, Nias Selatan, 13-14 September yang akan datang.

“Poltekpar Medan yang merupakan bagian dari Kementerian Pariwisata turut memberikan dukungan kepada Sail Nias 2019 melalui Pelatihan Manajemen / Pengelolaan Home Stay / Rumah Wisata di Kabupaten Nias Selatan pada tanggal 5-6 September 2019 yang lalu”, sahut Anwari masatip Direktur Poltekpar Medan. (9/9)

“Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olah Raga,’ tambahnya.


Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggencarkan program desa untuk homestay sebagai fasilitas untuk wisatawan di lokasi pariwisata. Sebagai salah satu program prioritas, Homestay Desa Wisata disebut menjadi jawaban atas pemenuhan amenitas dalam bentuk akomodasi dan penginapan.

Kemajuan pariwisata sangat penting bagi suatu daerah demi untuk peningkatan ekonomi di masyarakat lokal, ada perlu daya saing pada suatu daerah dilihat dari lingkungan, keselamatan, kesehatan, kebersihan, sumber daya manusia, kesiapan teknologi, daya saing harga, lingkungan berkelanjutan, serta lain nya.

“Pengembangan atau pembinaan Sumber Daya Pariwisata merupakan bagian dari upaya mempersiapkan pelaku industri pariwisata khususnya di Kabupaten Nias Selatan, yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat,’ kata Ni Wayan Giri Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata.(9/9)

“Atas pertimbangan itulah penting dilaksanakan Pelatihan Manajemen Homestay / Rumah Wisata / Pondok Wisata untuk peningkatan Skill dan Knowledge pelaku pariwisata.” tambahnya. (9/9)

Dalam kegiatan ini Bapak Hirsan Hanafi dan Bapak Agustinus Denny hadir untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku pariwisata. Mereka di berikan pemahaman tentang bagaimana menyediakan dan memberi pelayanan amenitas yang baik. Mengingat Kabupaten Nias Selatan menjadi tuan rumah Sail Nias tahun 2019. 

“Acara yang luar biasa harus didukung oleh Sumber Daya Manusia. Sebuah keberhasilan harus direncanakan, tidak hanay menyiapkan konsep kegiatan yang baik tetapi juga harus didukung dengan kesiapan sumber daya manusianya. Pelatihan bagi pelaku pariwisata merupakan salah satu langkah yang tepat,” sahut Menteri Pariwisata Arief Yahya.(9/9)

Mantan Dirut PT Telkom itu menambahkan, wisata Nias memang layak untuk dikembangkan. Khususnya wisata bahari. Karena, NIas memiliki potensi kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi. Sumber daya manusia nya merupakan poin utama yang harus disiapkan. 

Rangkaian Sail Nias 2019 diawali dengan Yacth Rally yang digelar 12-16 Mei 2019 yang lalu. Agenda Sail Nias 2019 sangat beragam. Selain aneka famtrip, ada juga sejumlah kegiatan sport tourism. Seperti Beach Volley Ball International  Tournament Sail Nias, 3-6 September 2019. Kemudian Fishing International Sail  Nias 2019 (4-6 September 2019), Beach Run 10K yang dihelat, 8 September 2019, kemudian Festival Layang-layang & Final Aekhula Voice, juga digelar 8 September 2019. Dan salah satu rangkaian yang paling dinantikan adalah Nias Pro International Surfing 2019 yang akan dilakukan 10 – 15 September 2019

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.