Home » » Elang Tempur Lanud Supadio Hebohkan Robo-Robo 2019

Elang Tempur Lanud Supadio Hebohkan Robo-Robo 2019

Posted by Inti Cerita on Wednesday, October 23, 2019


MEMPAWAH - Aksi terbang rendah (fly pass) pesawat tempur Hawk 100/200 milik Skuadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak di atas langit Kota Mempawah sukses mencuri perhatian puncak ritual Robo-Robo 2019 di Pelabuhan Kuala Mempawah, Rabu (23/10).

Show-nya terlihat keren. Tidak biasa. Maklum, Hawk 100/200 merupakan pesawat tempur buatan Inggris. Inilah salah satu senjata utama yang dimiliki TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan.

Dengan kecepatan satu setengah kali kecepatan suara atau setara 1.470 kilometer per jam, Hawk 100/200 terbang rendah dengan mendemonstrasikan enam formasi.

“Pesawat Hawk ini mampu terbang selama 3,5 jam dan bisa melaksanakan pengisian bahan bakar di udara sehingga mampu menambah waktu pengoperasian dan daya jelajah,” kata Letnan Dua Penerbang Fikri, pemandu aksi dari Skuadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak.

Fikri mengungkapkan, Hawk 100/200 merupakan pesawat tempur dengan teknologi sistem radar mutakhir dan persenjataan lengkap. Dari bom, roket, misil, rudal, dan gunnery yang akurat karena dilengkapi komputerisasi.

“Berbagai senjata tersebut memiliki akurasi tinggi pada perkenaan terhadap target,” ujarnya menerangkan.

Lebih jauh Fikri mengungkapkan, Hawk 100/200 merupakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang berada di bawah komando Komandan Skuadron Udara 1.

Skuadron tersebut, ujarnya, merupakan satu-satunya skuadron tempur yang berada di wilayah Kalimantan, yakni di Kalimantan Barat.

“Kami bertugas sebagai garda terdepan untuk melindungi wilayah udara Indonesia bagian utara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia,” katanya menegaskan.

Demonstrasi enam formasi udara Hawk 100/200 di ajang Robo-Robo diakhiri manuver bomb burst. Manuver ini merupakan simbol penghargaan yang setinggi-tingginya bagi warga Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Mempawah. Pesawat muncul dari belakang podium.

“Terimalah salam penghormatan dari kami Skuadron Udara 1. Inilah dia… Bomb Burst-Bomb Burst now!” teriak Fikri saat mengakhiri tugasnya memandu atraksi fly pass Hawk 100/200 dari Skuadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak.
Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Fahmizal Usman mengaku sangat happy dengan kejutan tadi. Emoji tiga jempol langsung dilayangkan ke Mempawah

"Ini keren sekali. Atraksi pesawat tempur diperlihatkan di banyak perwakilan kerajaan negara sahabat. Terimakasih untuk Lanud Supadio dan Mempawah," tutur Fahmizal, Rabu (23/10).

Ritual robo-robo dipimpin langsung Raja Mempawah XIII Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim. Event budaya ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun ini, evennya telah dimulai sejak Senin (21/10) pagi

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.