Home » » Serunya Tradisi Mencari Jodoh di Kabuenga Wakatobi Wave 2019

Serunya Tradisi Mencari Jodoh di Kabuenga Wakatobi Wave 2019

Posted by Inti Cerita on Wednesday, November 13, 2019


WANGI WANGI - Wakatobi Wave 2019 punya satu event seru. Event yang melibatkan kaum muda baik pria dan wanita. Namanya Kabuenga. Event ini digelar di Lapangan Merdeka Wangi Wangi, Selasa (12/11).

Kabuenga adalah tradisi mencari jodoh yang biasa dilakukan masyarakat Wakatobi sejak lama. Namun, Kabuenga telah menjelma menjadi atraksi yang digelar setiap tahun.

Pelaksanaan Kabuenga tahun ini disambut sangat antusias. Para peserta telah memenuhi Lapangan Merdeka sejak sore.

"Kabuenga adalah event yang kita pertahankan. Event yang kita lestarikan.  Dan kini menjadi atraksi budaya. Event ini sekaligus menjadi cara kita untuk melestarikannya," papar Sekda Wakatobi La Jumadin.

Suasana semakin seru saat prosesi dimulai. Dipimpin para tetua adat, seluruh peserta mengitari lapangan. Salah satu yang ditunggu dari kegiatan ini adalah saat Posombui.

Para peserta wanita yang sejak awal membawa air minum, memberikan minuman tersebut kepada pria yang mereka pilih. Sementara pria yang dipilih harus memberi uang sebagai ucapan terima kasih.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenparekraf Muh Ricky Fauziyani, Wakatobi sangat menjaga tradisi ini.

"Memang ada sedikit perubahan. Karena biasanya Kabuenga adalah ajang mencari jodoh. Tapi, kali ini event tersebut digelar sebagai atraksi yang bisa melibatkan wisatawan. Sehingga ada penyesuaian. Tapi semangat Wakatobi menjaga tradisi mereka memang luar biasa," paparnya.

Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani mengingatkan pentingnya creative value dalam sebuah event.

"Buat sebuah event berbeda. Yang kreatif dan tidak sama dengan event di daerah lain. Itu salah satu alasan wisatawan datang. Kemudian event itu harus punya economic value. Khususnya buat masyarakat. Sehingga masyarakat pun antusias, karena event itu menguntungkan mereka. Wakatobi punya itu. Tapi harus terus diperbaiki sehingga memiliki daya tarik," katanya

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.