FBS

Home » » Perketat Cegah Virus Corona, Kemenkes Periksa Langsung Penumpang di Pesawat

Perketat Cegah Virus Corona, Kemenkes Periksa Langsung Penumpang di Pesawat

Posted by Inti Cerita on Wednesday, January 29, 2020


Provinsi Hubei, Cina _lockeddown_ seiring kasus nCoV meningkat cepat. Bahkan kejadian akibat nCoV telah dilaporkan dari 10 negara lain antara lain Jepang, Korea, Singapore, Thailand, USA, Australia, Prancis, Malaysia, Nepal, dan Taiwan.

Sebagai langkah antisipasi, Kementerian Kesehatan perketat skrining di bandara dan pelabuhan khususnya bagi penumpang yang datang dari Cina. Skrining dilakukan dengan jemput bola ke dalam pesawat atau kapal kepada penumpang sebelum turun.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan Kemenkes mulai meningkatkan kewaspadaan lebih awal dengan mengecek suhu tubuh dengan thermal scanner kepada penumpang di dalam pesawat atau kapal.

''Jadi biasanya penumpang turun kemudian dicek dengan thermal scanner, sekarang kami mendatangi penumpang ke pesawat sebelum mereka turun,'' katanya di gedung Kemenkes, Jakarta, Senin (27/1).

Kegiatan itu sudah dimulai sejak Minggu (26/1) di Bandara Soekarno Hatta. Dirinya, tambah dr. Anung, sudah melihat respons positif dari pihak Angkasa Pura, mereka sudah menentukan 1 apron (apron C) sebagai tempat parkir pesawat apabila terjadi hal yang tidak diharapkan.

''Di Pelabuhan Tanjung Priok juga sudah dilaksanakan seperti di Bandara Soekarno Hatta, yakni petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memeriksa dulu penumpang di kapak kemudian kapal bisa diparkirkan di tempat yang sudah ditetapkan,'' ucapnya.

Selain itu, Menkes dr. Terawan Agus Putranto sudah menginventarisir ulang SDM kesehatan. Menkes juga sudah menghubungi beberapa kepala staf di angkatannya untuk mensiagakan SDM apabila terjadi sesuatu yang harus diantisipasi

Thanks for reading & sharing Inti Cerita

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Poltekpar Medan

Poltekpar Medan
Satu Satunya Politeknik Negeri di Kota Medan
Powered by Blogger.